%0 Generic %A Bilqis , Dwina Adinda %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %F eprints:88244 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH PENGGUNAAN METRONOME VISUAL DALAM MENINGKATKAN KETEPATAN GERAK MENARI SISWA TUNARUNGU DI SLBN PKK PROVINSI LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/88244/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan metronome visual sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan ketepatan gerak menari siswa tunarungu. Objek penelitian ini berfokus pada pengaruh penggunaan metronome visual. Subjek penelitian ini adalah siswa tunarungu yang ada di SLBN PKK Provinsi Lampung. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif menggunakan metode eksperimen. Data dikumpulkan melalui uji praktik, adapun uji tes praktik meliputi pretest dan posttest. Pengolahan data kuantitatif menggunakan jenis eksperimen One-Group-Pretest-Posttest Design. Data dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dengan menghitung nilai rata-rata (Mean). Hasil penelitian mengindikasikan adanya perbedaan rata-rata antara nilai pretest dan nilai posttest. Perbedaan nilai rata-rata pretest dan posttest tersebut sebesar 0,12% sehingga terdapat perbedaan antara nilai pretest dan nilai posttest. Perbedaan tersebut dapat diamati melalui nilai signifikansi sebesar 0.000. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa nilai sig yang dimiliki 0.000 memiliki arti bahwa hipotesis alternative (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Keputusan ini berdasarkan keputusan uji Wilcoxon Signed Test yang menyatakan bahwa jika nilai sig. <0.05 maka terdapat perbedaan rata-rata. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh dalam penggunaan metronome terhadap peningkatan ketepatan gerak menari siswa tunarungu di SLBN PKK Provinsi Lampung. Kata kunci: metronome visual, ketepatan gerak menari, siswa tunarungu