creators_name: ALYA, NIRWANA creators_id: 2116031004 type: other datestamp: 2025-06-11 03:27:24 lastmod: 2025-06-11 03:27:24 metadata_visibility: show title: PENGARUH TERPAAN KAMPANYE BOIKOT DI INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMBOIKOT MCDONALD’S SEBAGAI PERUSAHAAN PRO-ISRAEL (Studi pada Mahasiswa Pengguna Aktif Instagram di FISIP Universitas Lampung) ispublished: pub subjects: 300 subjects: 304 full_text_status: restricted abstract: Media sosial merupakan platform yang efektif untuk menyebarkan informasi dan membentuk opini publik, terutama dalam kampanye sosial yang berhubungan dengan isu-isu global. Kampanye boikot terhadap produk tertentu kerap menjadi viral melalui platform seperti Instagram, yang dapat memengaruhi sikap dan keputusan konsumen terhadap suatu perusahaan. Instagram tidak hanya berfungsi sebagai media komunikasi, tetapi juga memiliki logika kerja tersendiri. Mengacu pada konsep Social Media Logic (van Dijck & Poell, 2013), penyebaran kampanye boikot di Instagram dipengaruhi oleh elemen-elemen seperti programmability, popularity, connectivity, dan datafication, yang secara algoritmik mengatur paparan informasi berdasarkan perilaku dan interaksi pengguna. Penelitian ini mengkaji pengaruh terpaan kampanye boikot di Instagram terhadap keputusan mahasiswa FISIP Universitas Lampung untuk memboikot McDonald's sebagai perusahaan pro-Israel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan melibatkan 96 responden yang merupakan mahasiswa aktif FISIP Universitas Lampung, yang telah memboikot McDonald's sebagai perusahaan pro-Israel dan merupakan pengguna aktif Instagram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terpaan kampanye boikot melalui Instagram memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan mahasiswa untuk memboikot McDonald's, dengan nilai t_hitung 7,288 > t_tabel 1,985. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 36,1% menunjukkan bahwa kampanye boikot di Instagram memiliki pengaruh terhadap keputusan mahasiswa, sementara sisanya 63,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. date: 2025-05-26 date_type: published publisher: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG id_number: 2116031004 citation: ALYA, NIRWANA (2025) PENGARUH TERPAAN KAMPANYE BOIKOT DI INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMBOIKOT MCDONALD’S SEBAGAI PERUSAHAAN PRO-ISRAEL (Studi pada Mahasiswa Pengguna Aktif Instagram di FISIP Universitas Lampung). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/88256/1/1.%20ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/88256/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/88256/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf