title: PENGARUH METODE GASING (GAMPANG, ASYIK, DAN MENYENANGKAN) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR creator: RARA, SATRIANA subject: 370 Pendidikan description: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis yang terlihat dari rendahnya hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Metode Gasing (Gampang, Asyik, dan Menyenangkan) pada peserta didik kelas IV mata pelajaran Matematika. Jenis eksperimen pada penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain penelitian pretest-posttest control grup desain. Populasi penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Candimas berjumlah 59 peserta didik, dengan sampel penelitian yaitu peserta didik kelas IV A dan IV C berjumlah 38 peserta didik. Pengumpulan data yang dilakukan dengan memberikan tes kemampuan berpikir kritis. Analisis data menggunakan teknik analysis of covariance yang dibantu dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan Metode Gasing terhadap kemampuan berpikir kritis dengan pasil partial eta square yang diinterpretasikan dalam effect size dengan kategori “besar”. Kata kunci : kemampuan berpikir kritis, metode gasing (gampang, asyik, dan menyenangkan), kelas IV, publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2025-05-14 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/88260/1/1.%20ABSTRAK%20-%20ABSTRACT.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/88260/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/88260/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: RARA, SATRIANA (2025) PENGARUH METODE GASING (GAMPANG, ASYIK, DAN MENYENANGKAN) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/88260/