%0 Generic %A ANNISA, MUTIARANI %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %F eprints:88270 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENGETAHUAN %T ANALISIS KUALITATIF TENTANG PENGARUH UMPAN BALIK GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA %U http://digilib.unila.ac.id/88270/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk umpan balik yang diberikan guru kepada siswa kelas VII-A SMP Negeri 26 Bandar Lampung dan motivasi belajar siswa setelah menerima umpan balik yang diberikan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-A SMP Negeri 26 Bandar Lampung semester genap tahun pelajaran 2023/2024 sebanyak 31 siswa. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus (case study). Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi peneliti di kelas, data angket skala likert untuk umpan balik guru dan motivasi belajar siswa dan hasil wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa: 1). Guru lebih sering memberikan umpan balik secara lisan dibandingkan umpan balik dalam bentuk tulisan; 2). Umpan balik guru yang paling sering muncul adalah yang bersifat tepat waktu, spesifik, dan berfokus pada proses, namun masih ada kekurangan dalam menyesuaikan umpan balik dengan tingkat perkembangan siswa dan memberikan penghargaan secara konsisten; 3). Kelompok siswa dengan kemampuan matematis tinggi dan sedang memiliki motivasi belajar yang lebih tinggi dibandingkan kelompok siswa dengan kemampuan matematis rendah. Kata Kunci: Analisis, Motivasi Belajar Siswa, Umpan Balik Guru