%A INAYATULLAH ATNAR AISYAH %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THE LEARNING CELL TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025) %X Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran The Learning Cell terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Bandar Lampung tahun pelajaran 2024/2025 sebanyak 264 siswa yang terdistribusi ke dalam sembilan kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII E sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 30 siswa dan kelas VIII G sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 29 siswa yang terpilih dengan teknik purposive sampling. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari tes kemampuan komunikasi matematis siswa. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh bahwa rata-rata skor gain kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran The Learning Cell lebih tinggi daripada rata-rata skor gain kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran The Learning Cell berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata Kunci: komunikasi matematis, pengaruh, the learning cell %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints88282