TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints88336 UR - http://digilib.unila.ac.id/88336/ A1 - SABILA RIZQIA, RAHMADINI Y1 - 2025/05/23/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran dengan pendekatan STEM terhadap peningkatan kemampuan matematisasi siswa. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 33 Bandar Lampung semester ganjil tahun pelajaran 2024/2025 yang terdistribusi dalam enam kelas yaitu VIII A sampai VIII F. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, terpilihlah kelas VIII E yang terdiri dari 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan VIII D yang terdiri dari 32 siswa sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari tes kemampuan matematisasi siswa. Berdasarkan analisis data menggunakan uji Mann-Whitney U diperoleh bahwa peningkatan kemampuan matematisasi siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan STEM lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan matematisasi siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian, penerapan pembelajaran STEM dapat meningkatkan kemampuan matematisasi siswa. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATISASI SISWA AV - restricted ER -