?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+MODEL+PROBLEM+BASED+LEARNING+(PBL)%0D%0ABERBANTUAN+MEDIA+E-MODUL+TERHADAP+KEMAMPUAN%0D%0ABERPIKIR+KRITIS&rft.creator=Alzha%2C+Aldhiesta+Putri&rft.subject=370+Pendidikan&rft.subject=570+Biologi&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+pengaruh+model+Problem+Based%0D%0ALearning+(PBL)+berbantuan+media+e-modul+terhadap+kemampuan+berpikir+kritis%0D%0Apeserta+didik+pada+materi+perubahan+iklim+yang+dilaksanakan+pada+semester+genap%0D%0Adi+SMA+Gajah+Mada+Bandar+Lampung+dengan+menggunakan+teknik+purposive%0D%0Asampling+sehingga+diperoleh+kelas+X7+sebanyak+31+peserta+didik+sebagai+kelas%0D%0Aeksperimen+dan+kelas+X1+sebanyak+30+peserta+didik+sebagai+kelas+kontrol.+Desain%0D%0Apenelitian+yang+digunakan+yaitu+Eksperimental+Semu+(quasy+experiment)+dengan%0D%0Adesain+Pretest-Posttest+Nonequivalent+Control+Group+Design.+Teknik%0D%0Apengumpulan+data+dilakukan+dengan+pemberian+tes+kemampuan+berpikir+kritis%2C+dan%0D%0Aangket+tanggapan+peserta+didik.+Data+dalam+penelitian+ini+berupa+data+kuantitatif%0D%0Adan+kualitatif.+Data+kuantitatif+berupa+rerata+nilai+pretest%2C+posttest%2C+dan+N-gain%0D%0Akemampuan+berpikir+kritis+yang+diuji+menggunakan+uji+Independent+Sample+T-Test%0D%0Adengan+taraf+signifikansi+5%25+didapatkan+nilai+Sig.+(2-tailed)+0%2C000+%3C+0%2C05+yang%0D%0Amenunjukkan+terdapat+pengaruh+pembelajaran+dengan+model+PBL+berbantuan+emodul+terhadap+kemampuan+berpikir+kritis+peserta+didik.+Rerata+N-Gain+pada+kelas%0D%0Aeksperimen+0%2C51+sedangkan+pada+kelas+kontrol+sebesar+0%2C20.+Data+kualitatif+berupa%0D%0Aangket+menunjukkan+bahwa+model+PBL+berbantuan+e-modul+dapat+diterima+dengan%0D%0Abaik+dengan+baik+dan+dapat+meningkatkan+kemampuan+berpikir+kritis.+Dengan%0D%0Ademikian%2C+dapat+disimpulkan+bahwa+model+PBL+berbantuan+e-modul+berpengaruh%0D%0Aterhadap+kemampuan+berpikir+kritis+peserta+didik+pada+materi+perubahan+iklim+di%0D%0ASMA+Gajah+Mada+Bandar+Lampung.%0D%0AKata+kunci%3A+E-Modul%2C+Kemampuan+Berpikir+Kritis%2C+Model+Problem+Based%0D%0ALearning%2C+Perubahan+Iklim.&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2025-05-21&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F88361%2F1%2F1.%2520ABSTRAK%2520-%2520ABSTRACT.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F88361%2F2%2F2.%2520SKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F88361%2F3%2F3.%2520SKRISPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++Alzha%2C+Aldhiesta+Putri++(2025)+PENGARUH+MODEL+PROBLEM+BASED+LEARNING+(PBL)+BERBANTUAN+MEDIA+E-MODUL+TERHADAP+KEMAMPUAN+BERPIKIR+KRITIS.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F88361%2F