TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints88361 UR - http://digilib.unila.ac.id/88361/ A1 - Alzha, Aldhiesta Putri Y1 - 2025/05/21/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media e-modul terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi perubahan iklim yang dilaksanakan pada semester genap di SMA Gajah Mada Bandar Lampung dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas X7 sebanyak 31 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas X1 sebanyak 30 peserta didik sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan yaitu Eksperimental Semu (quasy experiment) dengan desain Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes kemampuan berpikir kritis, dan angket tanggapan peserta didik. Data dalam penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa rerata nilai pretest, posttest, dan N-gain kemampuan berpikir kritis yang diuji menggunakan uji Independent Sample T-Test dengan taraf signifikansi 5% didapatkan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang menunjukkan terdapat pengaruh pembelajaran dengan model PBL berbantuan emodul terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Rerata N-Gain pada kelas eksperimen 0,51 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,20. Data kualitatif berupa angket menunjukkan bahwa model PBL berbantuan e-modul dapat diterima dengan baik dengan baik dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model PBL berbantuan e-modul berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi perubahan iklim di SMA Gajah Mada Bandar Lampung. Kata kunci: E-Modul, Kemampuan Berpikir Kritis, Model Problem Based Learning, Perubahan Iklim. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA E-MODUL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS AV - restricted ER -