@misc{eprints88372, month = {Juni}, title = {PENGARUH PENDEKATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATIC) BERBANTU E-LKPD TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM }, author = {Anwar Ahmad Syaiful}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2025}, url = {http://digilib.unila.ac.id/88372/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pendekatan STEM berbantu E-LKPD terhadap kemampuan literasi sains peserta didik materi ekosistem. Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Pasir Sakti tahun ajaran 2024/2025. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan teknik pretest-posttest non-equivalent control group design. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan kelas X2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X8 sebagai kelas kontrol. Jenis data berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data dianalisis secara statistik menggunakan uji Independent Sample T-test pada taraf signifikansi 5\%. Hasil nilai pretest-posttest pada kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan STEM mendapat nilai N-Gain sebesar 0,56 termasuk kategori sedang, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, yaitu dengan nilai N-Gain 0,38 termasuk kategori sedang. Uji Independent Sample T-test terhadap skor N-Gain siswa menunjukan hasil sig. (2-tailed) 0,00{\ensuremath{<}} 0,05 maka membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada rata-rata peningkatan kemampuan literasi sains antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Uji effect size didapatkan nilai 2,81 dengan kriteria ?besar?. Hasil data angket tanggapan peserta didik diperoleh rata rata persentase sebesar 80,28\% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa pendekatan STEM berbantu E-LKPD berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik pada materi ekosistem. Kata Kunci: E-LKPD, Ekosistem, Literasi Sains, Pendekatan STEM } }