?url_ver=Z39.88-2004&rft_id=2013024043&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+PENDEKATAN+STEM+(SCIENCE%2C+TECHNOLOGY%2C+ENGINEERING+AND+MATHEMATIC)+BERBANTU+E-LKPD+TERHADAP+KEMAMPUAN+LITERASI+SAINS+PESERTA+DIDIK+PADA+MATERI+EKOSISTEM%0D%0A&rft.creator=Ahmad+Syaiful%2C+Anwar&rft.subject=507+Pendidikan%2C+penelitian%2C+topik+terkait+ilmu+pengetahuan+alam&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+mengetahui+pengaruh+pendekatan+STEM+berbantu+E-LKPD+terhadap+kemampuan+literasi+sains+peserta+didik+materi+ekosistem.+Penelitian+dilaksanakan+di+SMAN+1+Pasir+Sakti+tahun+ajaran+2024%2F2025.+Desain+penelitian+yang+digunakan+yaitu+quasi+eksperimen+dengan+teknik+pretest-posttest+non-equivalent+control+group+design.+Sampel+diambil+menggunakan+teknik+purposive+sampling+dengan+kelas+X2+sebagai+kelas+eksperimen+dan+kelas+X8+sebagai+kelas+kontrol.+Jenis+data+berupa+data+kuantitatif+dan+kualitatif.+Data+dianalisis+secara+statistik+menggunakan+uji+Independent+Sample+T-test+pada+taraf+signifikansi+5%25.+Hasil+nilai+pretest-posttest+pada+kelas+eksperimen+yang+menggunakan+pendekatan+STEM+mendapat+nilai+N-Gain+sebesar+0%2C56+termasuk+kategori+sedang%2C+lebih+tinggi+dibandingkan+kelas+kontrol%2C+yaitu+dengan+nilai+N-Gain+0%2C38+termasuk+kategori+sedang.+Uji+Independent+Sample+T-test+terhadap+skor+N-Gain+siswa+menunjukan+hasil+sig.+(2-tailed)+0%2C00%3C+0%2C05+maka+membuktikan+bahwa+terdapat+perbedaan+yang+signifikan+pada+rata-rata+peningkatan+kemampuan+literasi+sains+antara+kelas+eksperimen+dan+kelas+kontrol.+Uji+effect+size+didapatkan+nilai+2%2C81+dengan+kriteria+%E2%80%9Cbesar%E2%80%9D.+Hasil+data+angket+tanggapan+peserta+didik+diperoleh+rata+rata+persentase+sebesar+80%2C28%25+dengan+kategori+baik.+Berdasarkan+hasil+tersebut%2C+dapat+disimpulkan+bahwa+pendekatan+STEM+berbantu+E-LKPD+berpengaruh+terhadap+peningkatan+kemampuan+literasi+sains+peserta+didik+pada+materi+ekosistem.%0D%0A%0D%0AKata+Kunci%3A+E-LKPD%2C+Ekosistem%2C+Literasi+Sains%2C+Pendekatan+STEM%0D%0A&rft.publisher=Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan&rft.date=2025-06-03&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F88372%2F1%2F1.%2520ABSTRAK_AHMAD%2520SYAIFUL%2520ANWAR.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F88372%2F2%2F2.%2520SKRIPSI%2520FULL_AHMAD%2520SYAIFUL%2520ANWAR.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F88372%2F3%2F3.%2520SKRIPSI%2520TANPA%2520PEMBAHASAN__AHMAD%2520SYAIFUL%2520ANWAR.pdf&rft.identifier=++Ahmad+Syaiful%2C+Anwar++(2025)+PENGARUH+PENDEKATAN+STEM+(SCIENCE%2C+TECHNOLOGY%2C+ENGINEERING+AND+MATHEMATIC)+BERBANTU+E-LKPD+TERHADAP+KEMAMPUAN+LITERASI+SAINS+PESERTA+DIDIK+PADA+MATERI+EKOSISTEM.++Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F88372%2F