%A NUR HALIMAH SITI %T ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS DONGENG ANAK INDONESIA KELAS IV SD NEGERI 1 MEKARMULYO %X Masalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca teks kelas IV SD Negeri 1 Mekarmulyo. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan membaca pemahaman teks dongeng berdasarkan empat indikator yaitu: (1) menemukan ide pokok, (2) memasangkan pertanyaan dan jawaban, (3) menyusun kembali cerita, dan (4) menjawab pertanyaan berdasarkan teks. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah pendidik kelas IV, serta 22 peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Mekarmulyo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman teks dongeng Anak Indonesia dikateorikan sangat mampu, dari 22 peserta didik tedapat 12 peserta didik dengan kategori sangat mampu, 7 mampu, 2 tidak mampu dan 1 sangat tidak mampu dalam kemampuan membaca pemahaman. Dari keempat indikator yang digunaan dalam penelitian ini, indikator yang mendapatkan persentase tinggi adalah indikator menemukan ide pokok yaitu 93% sedangkan indikator yang yang mendapatkan persentase terendah adalah indikator menceritakan kembali cerita yaitu 86%. Kata Kunci: kemampuan membaca pemahaman, teks dongeng anak Indonesia %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints88376