creators_name: Ika, Nurrahmah creators_id: 2113053250 type: other datestamp: 2025-06-12 07:00:06 lastmod: 2025-06-12 07:00:06 metadata_visibility: show title: PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SD ispublished: pub subjects: 300 subjects: 372 full_text_status: restricted abstract: Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV SD Negeri 8 Metro Timur. Bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Metode yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design. Populasi dan sampel diperoleh melalui teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 56 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Data dianalisis menggunakan uji-t. Hasil analisis data diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 sehingga Ha diterima yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran IPAS kelas IV SD Negeri 8 Metro Timur Tahun Pelajaran 2024/2025. Kata kunci: berpikir kritis, discovery learning, IPAS, sekolah dasar. date: 2025-05-20 date_type: published publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan place_of_pub: Universitas Lampung id_number: 2113053250 citation: Ika, Nurrahmah (2025) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SD. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. document_url: http://digilib.unila.ac.id/88387/1/Abstrak%20Skripsi_Ika%20Nurrahmah_2113053250_PGSD.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/88387/2/Skripsi%20Full%20Tanpa%20Lampiran_Ika%20Nurrahmah_2113053250_PGSD.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/88387/3/Skripsi%20Full%20Tanpa%20Pembahasan%20dan%20Lampiran_Ika%20Nurrahmah_2113053250_PGSD.pdf