%A Firdaus Arrijal %T ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP TEMPE MOSACCHA KACANG TOLO (Vigna unguiculata (L.) Walp)) DI KOTA BANDAR LAMPUNG %X Tempe mosaccha kacang tolo merupakan produk inovatif hasil fermentasi menggunakan ragi mosaccha yang mengandung kapang Rhizopus oligosporus dan khamir Saccharomyces cerevisiae, menghasilkan produk fungsional dengan kandungan beta-glukan tinggi. Produk ini baru dan jarang ditemukan di pasaran, maka dari itu dilakukan pengujian preferensi konsumen. Analisis produk dilakukan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA), Customer Satisfication Index (CSI), dan purchase intention terhadap atribut rasa, aroma, tekstur, warna. Hasil analisis menunjukkan bahwa atribut dalam Kuadran I (prioritas utama) adalah aftertaste dan tekstur tempe yang lunak saat dikunyah; Kuadran II (pertahankan posisi) mencakup warna putih miselium yang menutupi seluruh permukaan tempe dan kekompakan saat diiris; sedangkan Kuadran III (prioritas rendah) meliputi aroma harum-manis dan rasa asam khas tempe. Indeks kepuasan konsumen terhadap tempe mosaccha kacang tolo mencapai 85%, dengan nilai minat beli sebesar 3,67 (51%), yang menunjukkan adanya minat konsumen yang cukup tinggi terhadap produk ini. Kata kunci : Tempe mosaccha kacang tolo, preferensi konsumen, kepentingan produk, kinerja produk. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %I FAKULTAS PERTANIAN %L eprints88416