%A RAHMAWATI AYU %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RADEC TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA PESERTA DIDIK KELAS IV SD %X Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Pendidikan Pancasila peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Metro Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)pengaruh penerapan model pembelajaran RADEC terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila dan (2)perbedaan hasil belajar Pendidikan Pancasila peserta didik kelas IV menggunakan model RADEC dan menggunakan model Discovery Learning di SD. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi eksperimental design dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh dan populasi sebanyak 46 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah teknik tes dan teknik non tes. Data dianalisis menggunakan regresi linier sederhana dan uji t. Hasil perhitungan uji regresi linier sederhana menunjukkan Fhitung sebesar 42,570 dengan signifikansi 0.000 yang artinya (0,000<0,05) dan hasil perhitungan uji t dengan nilai signifikansi 0,000 sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran RADEC terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila dan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar Pendidikan Pancasila peserta didik kelas IV menggunakan model RADEC dan menggunakan model Discovery Learning di SD Negeri 1 Metro Timur. Kata Kunci: hasil belajar, model pembelajaran RADEC, Pendidikan Pancasila, peserta didik kelas IV, quasi eksperimen %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints88426