@misc{eprints88433, month = {Mei}, title = {PENGARUH SELF-CONFIDENCE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025)}, author = {SHOLEHAH WALIMATUS}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2025}, url = {http://digilib.unila.ac.id/88433/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-confidence terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Bandar Lampung semester genap tahun ajaran 2024/2025 yang terdistribusi dalam 11 kelas. Sampel penelitian dipilih dengan teknik cluster random sampling dan terpilihlah siswa kelas VIII-8. Data penelitian berupa data kuantitatif, yaitu berupa skor self-confidence siswa yang diperoleh dari pengisian angket self-confidence dan tes uraian pemahaman konsep matematis pada materi Lingkaran. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah regresi linear sederhana. Kesimpulan dari penelitian ini adalah self-confidence memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap pemahaman konsep matematis siswa, artinya semakin tinggi self-confidence siswa maka pemahaman konsep matematis siswa juga akan semakin tinggi. Kata kunci: pemahaman konsep matematis, pengaruh, self-confidence.} }