?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+PEMBELAJARAN+BERDIFERENSIASI+TERHADAP%0D%0AHASIL+BELAJAR+GEOGRAFI+SISWA+KELAS+XII+SMA+NEGERI+01%0D%0AABUNG+TINGGI+TAHUN+PELAJARAN+2024%2F2025&rft.creator=RIFI%2C+MISNAWATI&rft.subject=370+Pendidikan&rft.description=Hasil+belajar+siswa+yang+bervariasi+seringkali+disebabkan+oleh+perbedaan+gaya%0D%0Abelajar+yang+tidak+diakomodasi+dalam+proses+pembelajaran.+Dalam+konteks%0D%0Apembelajaran+geografi+yang+membutuhkan+pemahaman+konsep+dan+keterampilan%0D%0Aberpikir+spasial%2C+penting+bagi+guru+untuk+menerapkan+strategi+yang+mampu%0D%0Amenyesuaikan+dengan+karakteristik+belajar+siswa.+Penelitian+ini+bertujuan+untuk%0D%0Amengetahui+pengaruh+pembelajaran+berdiferensiasi+berdasarkan+gaya+belajar+terhadap%0D%0Ahasil+belajar+geografi+siswa+kelas+XII+SMA+Negeri+01+Abung+Tinggi+tahun+pelajaran%0D%0A2024%2F2025.%0D%0APenelitian+ini+menggunakan+pendekatan+kuantitatif+dengan+desain+eksperimen%0D%0Asemu+(quasi+experiment)+tipe+non-equivalent+control+group+design.+Sampel+penelitian%0D%0Aterdiri+dari+dua+kelas%2C+yaitu+kelas+eksperimen+yang+mendapatkan+perlakuan%0D%0Apembelajaran+berdiferensiasi+(visual%2C+auditori%2C+dan+kinestetik)+dan+kelas+kontrol+yang%0D%0Amendapatkan+pembelajaran+konvensional.+Instrumen+yang+digunakan+meliputi%0D%0Akuisioner+identifikasi+gaya+belajar+dan+tes+hasil+belajar+geografi.+Data+dianalisis%0D%0Amenggunakan+perhitungan+n-gain+untuk+mengetahui+peningkatan+hasil+belajar+serta+ujit+independen+untuk+menguji+perbedaan+signifikan+antar+kelompok.+Hasil+penelitian%0D%0Amenunjukkan+bahwa+rata-rata+n-gain+hasil+belajar+siswa+pada+kelas+eksperimen+lebih%0D%0Atinggi+dibandingkan+dengan+kelas+kontrol%2C+dan+uji-t+menunjukkan+perbedaan+yang%0D%0Asignifikan+antara+kedua+kelompok.+Dengan+demikian%2C+pembelajaran+berdiferensiasi%0D%0Aberdasarkan+gaya+belajar+berpengaruh+positif+terhadap+hasil+belajar+geografi+siswa.%0D%0AKata+kunci%3A+pembelajaran+berdiferensiasi%2C+gaya+belajar%2C+hasil+belajar%2C+geografi%2C%0D%0Aeksperimen+semu&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2025-05-07&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F88435%2F1%2F1.%2520ABSTRAK%2520-%2520ABSTRACT.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F88435%2F2%2F2.%2520SKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F88435%2F3%2F3.%2520SKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++RIFI%2C+MISNAWATI++(2025)+PENGARUH+PEMBELAJARAN+BERDIFERENSIASI+TERHADAP+HASIL+BELAJAR+GEOGRAFI+SISWA+KELAS+XII+SMA+NEGERI+01+ABUNG+TINGGI+TAHUN+PELAJARAN+2024%2F2025.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F88435%2F