TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints88435 UR - http://digilib.unila.ac.id/88435/ A1 - RIFI, MISNAWATI Y1 - 2025/05/07/ N2 - Hasil belajar siswa yang bervariasi seringkali disebabkan oleh perbedaan gaya belajar yang tidak diakomodasi dalam proses pembelajaran. Dalam konteks pembelajaran geografi yang membutuhkan pemahaman konsep dan keterampilan berpikir spasial, penting bagi guru untuk menerapkan strategi yang mampu menyesuaikan dengan karakteristik belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan gaya belajar terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XII SMA Negeri 01 Abung Tinggi tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experiment) tipe non-equivalent control group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan pembelajaran berdiferensiasi (visual, auditori, dan kinestetik) dan kelas kontrol yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan meliputi kuisioner identifikasi gaya belajar dan tes hasil belajar geografi. Data dianalisis menggunakan perhitungan n-gain untuk mengetahui peningkatan hasil belajar serta ujit independen untuk menguji perbedaan signifikan antar kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-gain hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, dan uji-t menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok. Dengan demikian, pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan gaya belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar geografi siswa. Kata kunci: pembelajaran berdiferensiasi, gaya belajar, hasil belajar, geografi, eksperimen semu PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XII SMA NEGERI 01 ABUNG TINGGI TAHUN PELAJARAN 2024/2025 AV - restricted ER -