%A AMELIA SEPTINA %T EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SUSTAINABILITY LITERACY PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan sustainability literacy peserta didik Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada materi perubahan iklim. Sustainability Literacy dalam penelitian ini mencakup tiga aspek, yaitu pengetahuan, keterampilan, dan sikap terhadap isu lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimental dengan desain pretest-posttest control group, melibatkan dua kelas yang dipilih secara purposive sampling. Pada penelitian ini, kelas eksperimen menggunakan model PBL, dan kelas kontrol yang belajar dengan model Konvensional. Data dikumpulkan melalui instrumen tes sustainability literacy yang telah diuji validitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik yang belajar dengan model PBL mengalami peningkatan kemampuan sustainability literacy secara signifikan dibandingkan dengan peserta peserta didik yang belajar secara konvensional, dengan rata-rata nilai pretestposttest kelas eksperimen sebesar 47,97 dan 74,52. Sedangkan rata-rata nilai pretest dan posttest pada kelas kontrol adalah 43,85 dan 59,01. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini dinyatakan valid, reliabel, data berdistribusi normal, homogen, dan terdapat perbedaan signifikan (Sig. 0,05), dengan nilai effect size sebesar 0,548 menunjukan pengaruh cukup besar. Hal ini menunjukkan bahwa model PBL dapat menjadi pendekatan yang efektif untuk membantu peserta peserta didik memahami isu perubahan iklim secara lebih mendalam dan bertanggung jawab dengan peningkatan sustainability literacy kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Kata kunci: Problem Based Learning, Sustainability Literacy %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints88438