?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGEMBANGAN+MEDIA+PEMBELAJARAN+AUGMENTED+REALITY%0D%0ASEBAGAI+ALAT+EDUKASI+VISUAL+INTERAKTIF+DALAM%0D%0APEMBELAJARAN+KOMPONEN+KOMPUTER&rft.creator=INTAN%2C+DEWIYANTI&rft.subject=300+Ilmu+sosial&rft.subject=370+Pendidikan&rft.description=Pembelajaran+komponen+komputer+di+MTs+Negeri+1+Pringsewu+masih+didominasi%0D%0Ametode+konvensional+seperti+ceramah%2C+gambar+statis%2C+dan+proyektor+yang+minim%0D%0Ainteraktivitas.+Konversi+laboratorium+komputer+menjadi+ruang+belajar+membatasi%0D%0Aakses+peserta+didik+terhadap+perangkat+fisik%2C+sehingga+menghambat+pengalaman%0D%0Alangsung+dalam+eksplorasi+komponen.+Akibatnya%2C+minat+dan+hasil+belajar+peserta%0D%0Adidik+rendah%2C+dengan+hanya+50%25+mencapai+ketuntasan+KKM.+Meski+memiliki%0D%0Asmartphone%2C+pemanfaatannya+belum+terintegrasi+optimal+untuk+teknologi+imersif%0D%0Aseperti+Augmented+Reality.+Studi+terdahulu+tentang+Augmented+Reality+berbasis%0D%0AAssemblr+Studio+juga+belum+fokus+pada+pengembangan+media+pembelajaran+terukur%0D%0Auntuk+materi+komponen+komputer.+Penelitian+ini+bertujuan+merancang+media%0D%0Apembelajaran+Augmented+Reality+menggunakan+Assemblr+Studio+sebagai+solusi%0D%0Aedukasi+visual+interaktif+guna+meningkatkan+pemahaman+konseptual+dan%0D%0Aketerlibatan+peserta+didik.+Metode+penelitian+yang+digunakan+adalah+Research+and%0D%0ADevelopment+(R%26D)+dengan+model+pengembangan+4D+(Define%2C+Design%2C+Develop%2C%0D%0ADisseminate).+Penelitian+ini+menghasilkan+produk+berupa+modul+ajar+berbasis%0D%0AAugmented+Reality+sebagai+alat+edukasi+visual+interaktif+dalam+pembelajaran%0D%0Akomponen+komputer.+Kelayakan+produk+ini+terbukti+sangat+valid+(ahli+media%0D%0A92%2C5%25%2C+ahli+materi+100%25)%2C+praktis+(respon+pendidik+dan+peserta+didik+100%25)%2C+dan%0D%0Aefektif+(N-Gain+0%2C9160+kategori+tinggi)%2C+Produk+penelitian+ini+tidak+hanya%0D%0Amemperkuat+kualitas+pembelajaran+tetapi+juga+membuka+peluang+pemanfaatan%0D%0AAugmented+Reality+yang+lebih+luas+dalam+dunia+pendidikan+sebagai+referensi%0D%0Apengembangan+media+pembelajaran+interaktif+di+masa+depan.%0D%0AKata+Kunci%3A+Augmented+reality%2C+Komponen+komputer%2C+Media+pembelajaran&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2025-05-20&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F88440%2F1%2F1.%2520ABSTRAK%2520-%2520ABSTRACT.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F88440%2F2%2F2.%2520SKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F88440%2F3%2F3.%2520SKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++INTAN%2C+DEWIYANTI++(2025)+PENGEMBANGAN+MEDIA+PEMBELAJARAN+AUGMENTED+REALITY+SEBAGAI+ALAT+EDUKASI+VISUAL+INTERAKTIF+DALAM+PEMBELAJARAN+KOMPONEN+KOMPUTER.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F88440%2F