%0 Thesis %9 Masters %A Fitra, Hasrina %B Pascasarjana %D 2025 %F eprints:88449 %I Universitas Lampung %P 111 %T MODEL PENGEMBANGAN WISATA LINGKUNGAN PANTAI BERBASIS MINAT KUNJUNGAN ULANG MELALUI PENGUATAN KEPUASAN PENGUNJUNG SEBAGAI VARIABEL MEDIATOR DALAM MENINGKATKAN PERSEPSI TERHADAP FASILITAS FISIK DAN KERAMAHAN PENYEDIA JASA %U http://digilib.unila.ac.id/88449/ %X ABSTRAK Indonesia memiliki potensi wisata alam yang sangat besar, khususnya diwilayah Kabupaten Lampung Selatan salah satunya adalah lingkungan wisata pantai yang tersebar di berbagai daerah. Lingkungan pariwisata pantai menjadi salah satu daya tarik utama yang mampu menarik pengunjung dari dalam maupun luar negeri. Namun, untuk mengembangkan potensi ini secara maksimal, perlu adanya berbagai kebijakan yang kondusif. Berdasarkan beberapa pantai yang ada di Lampung Selatan peneliti melakukan penelitian di Pantai Kedu, Minang Rua dan MB Beach, dikarenakan kondisi lingkungan di ketiga pantai tersebut terdapat beberapa fasilitas yang lengkap, baik dari segi kebersihan, keteduhan, dan kenyamanan bagi para pengunjung serta hampir setiap hari terdapat wisatawan yang mengunjungi pantai tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model kepuasan pengunjung yang dapat digunakan sebagai landasan dalam pengembangan wisata pantai berbasis minat kunjungan ulang. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling (SEM). Hasil analisis data dan pengujian hipotesis yaitu persepsi wisatawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap fasilitas fisik yang tersedia di destinasi wisata pantai terhadap kepuasan pengunjung. Kepuasan pengunjung memediasi hubungan antara persepsi terhadap fasilitas fisik dan keramahan penyedia jasa wisata. Kepuasan pengunjung berpengaruh kuat positif dan signifikan terhadap fasilitas fisik dan keramahan. Model kepuasan pengunjung dapat digunakan sebagai landasan pengembangan strategi pengelolaan dan pemasaran destinasi wisata pantai yang efektif dikarenakan, jika terdapat pemasaran fasilitas yang menarik pada objek wisata dan sesuai dengan tren yang sedang diminati pengunjung akan menjadi daya tarik bagi pengunjung untuk berkunjung dan menikmati fasilitas tersebut. Berdasarkan hasil Penelitian yang dilakukan setiap pantai memiliki keramahan yang berbeda pada penyedia jasa wisata sehingga berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung di destinasi wisata pantai. Kata Kunci : Model Kepuasan Pengunjung, Wisata Pantai Kedu, Minang Rua dan MB Beach, Minat Kunjungan Ulang, Fasilitas Fisik Dan Keramahan Penyedia Jasa Wisata, SEM