@misc{eprints88458, month = {April}, title = {PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG }, author = {AULIA ZAHRA RIZKA }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2025}, url = {http://digilib.unila.ac.id/88458/}, abstract = { Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh metode pembelajaran berbasis permainan terhadap kemampuan menulis teks deskripsi pada peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Bandar Lampung tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif, pendekatan kuantitatif, dan desain kuasi eksperimen. Kelompok eksperimen diberi perlakuan metode pembelajaran berbasis permainan dalam tiga pertemuan dengan materi utama teks deskripsi. Data penelitian ini diambil melalui tes tertulis yang dianalisis menggunakan uji-t dan uji ANOVA dengan standar deviasi 38 pada taraf signifikan 5\%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ha diterima, yang artinya penerapan metode pembelajaran berbasis permainan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan menulis teks deskripsi peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Temuan ini membuktikan efektivitas metode pembelajaran berbasis permainan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Dengan demikian, metode pembelajaran berbasis permainan dapat dijadikan alternatif yang efektif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya dalam materi menulis teks deskripsi di tingkat SMP. Kata kunci: menulis, deskripsi, pembelajaran, permainan} }