TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints88463 UR - http://digilib.unila.ac.id/88463/ A1 - Ni, Komang Satyawati Y1 - 2025/05/22/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berdiferensiasi menggunakan model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi hukum termodinamika. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Seputih Raman pada semester genap tahun ajaran 2024/2025, menggunakan sampel penelitian kelas XI.3 dan XI.4. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan jenis one group pretest posttes desain. Teknik pengambilan data kemampuan berpikir kritis mengunakan teknik tes, dengan 10 butir soal essai dengan indikator kemampuan berpikir kritis. Analisis data menggunakan uji Paired Sample T-test dan uji One Way ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran berdiferensiasi menggunakan model discovery learning berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dan dapat mereduksi potensi perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis antar gaya belajar visual, auditori, kinestetik pada materi hukum termodinamika. Hal ini dapat dilihat dari tidak terdapat perbedaan rata-rata n-gain kemampuan berpikir kritis antara gaya belajar visual, auditori, kinestetik. Kata Kunci: Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran Berdiferensiasi. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI HUKUM TERMODINAMIKA AV - restricted ER -