%A Aulia Hafidho Turaya Zhulfa %T PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBASIS APLIKASI WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS V SD %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPAS peserta didik kelas V sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh diterapkannya model problem based learning berbasis aplikasi wordwall terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran IPAS kelas V SD Negeri Abung Pekurun. Metode dalam penelitian ini adalah pre-experiment design dengan one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas 5 yang berjumlah 39 peserta didik. Penentuan sampel penelitian ini menggunakan nonprobability sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes dan non tes berupa soal pretest-posttest serta observasi. Analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan pengaruh yang signifikan pada penerapan model problem based learning berbasis aplikasi wordwall terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPAS kelas V SD. Kata kunci: kemampuan berpikir kritis, IPAS, problem based learning, wordwall, SD %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints88472