%A KHOERUNISA INTAR %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADAMATA PELAJARAN MATEMATIKA KELASV %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran kelas V di SDN 1 Kalibening Raya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran matematika kelas V dengan materi volume bangun ruang yang meliputi kubus, balok, tabung, dan prisma segitiga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent control group design dengan desain penelitiannya menggunakan quasi experimental design. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes dan non-tes. Populasi pada penelitian ini berjumlah 83, sampel menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 56 peserta didik kelas VA dan VC. Data dianalisis dengan uji regresi sederhana. Penelitian ini memperoleh hasil 0,001 < 0,05 dengan peningkatan 58,2% yang artinya bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran matematika kelas V. Kata kunci: kemampuan berpikir kritis, model pembelajaran RME %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints88477