title: PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPAS creator: AMANDA , NONISA PUTRI subject: 370 Pendidikan subject: 372 Pendidikan dasar description: Masalah penelitian ini adalah peserta didik yang belum terbiasa berpikir kritis serta belum optimalnya penggunaan media audio visual pada pembelajaran IPAS pada peserta didik kelas V di SD Negeri 1 Metro Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pada model problem-based learning berbantuan media audio visual terhadap keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran IPAS kelas V di sekolah dasar. Jenis penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dan desain penelitian menggunakan pretest-posttest control grup desain. Populasi dan sampel penelitian adalah seluruh peserta didik kelas V SD negeri 1 Metro Timur dengan jumlah peserta didik 47 peserta didik. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil perhitungan uji regresi linear sederhana menunjukkan Fhitung sebesar sehingga dapat disimpulkam bahwa terdapat pengaruh pada penerapan model problem-based learning berbantuan media audio visual terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas V pada pembelajaran IPAS di SD Negeri 1 Metro Timur. Kata Kunci: berpikir kritis, media audio visual, problem-based learning publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2025-05-22 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/88506/1/1.%20ABSTRAK%20-%20ABSTRACT.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/88506/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/88506/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: AMANDA , NONISA PUTRI (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPAS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/88506/