TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints88506 UR - http://digilib.unila.ac.id/88506/ A1 - AMANDA , NONISA PUTRI Y1 - 2025/05/22/ N2 - Masalah penelitian ini adalah peserta didik yang belum terbiasa berpikir kritis serta belum optimalnya penggunaan media audio visual pada pembelajaran IPAS pada peserta didik kelas V di SD Negeri 1 Metro Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pada model problem-based learning berbantuan media audio visual terhadap keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran IPAS kelas V di sekolah dasar. Jenis penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dan desain penelitian menggunakan pretest-posttest control grup desain. Populasi dan sampel penelitian adalah seluruh peserta didik kelas V SD negeri 1 Metro Timur dengan jumlah peserta didik 47 peserta didik. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil perhitungan uji regresi linear sederhana menunjukkan Fhitung sebesar sehingga dapat disimpulkam bahwa terdapat pengaruh pada penerapan model problem-based learning berbantuan media audio visual terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas V pada pembelajaran IPAS di SD Negeri 1 Metro Timur. Kata Kunci: berpikir kritis, media audio visual, problem-based learning PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPAS AV - restricted ER -