%0 Generic %A ANDES, FAJAR UTAMI %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %F eprints:88510 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH DISIPLIN BELAJAR, LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA, KETERSEDIAAN SARANA BELAJAR, TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI DENGAN MEMPERHATIKAN AKTIVITAS BELAJAR PADA SISWA KELAS XII IPS DI SMA N 1 PADANG CERMIN TAHUN AJARAN 2024/2025 %U http://digilib.unila.ac.id/88510/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar, lingkungan teman sebaya, ketersediaan sarana belajar terhadap hasil belajar ekonomi dengan memperhatikan aktivitas belajar pada siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Padang Cermin. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 69 orang. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 59 orang dan menggunakan metode probability sampling dengan menggunakan simple random sampling. Pengujian hipotesis secara parsial diperoleh hasil belajar ekonomi berpengaruh langsung terhadap aktivitas belajar pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Padang Cermin. Hasil uji hipotesis secara simultan diperoleh disiplin belajar, lingkungan teman sebaya, ketersediaan sarana belajar dan hasil belajar ekonomi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap aktivitas belajar pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Padang Cermin. Kata kunci : Aktivitas Belajar, Disiplin Belajar, Hasil Belajar, Ketersediaan Sarana Belajar, Lingkungan Teman Sebaya