@misc{eprints88517, month = {April}, title = {EFEKTIVITAS STRATEGI FLIPPED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA UNTUK MENINGKATKAN HOTs}, author = {ARI WIBOWO SETEVI}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2025}, url = {http://digilib.unila.ac.id/88517/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas strategi flipped learning dengan pendekatan saintifik pada materi kesetimbangan kimia untuk meningkatkan HOTs. Desain penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Gunung Sugih Tahun Ajaran 2023/2024 yang tersebar dalam empat kelas yaitu kelas XI IPA 1 sampai dengan XI IPA 4 berjumlah 120 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan puposive sampling dan didapatkan XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-gain HOTs kelas eksperimen sebesar 0,57 signifikan lebih tinggi dibandingkan di kelas kontrol yaitu sebesar 0,34. Hal ini menunjukkan bahwa strategi flipped learning dengan pendekatan saintifik pada materi kesetimbangan kimia efektif untuk meningkatkan HOTs. Kata kunci: flipped learning, HOTs, pendekatan saintifik} }