creators_name: SETEVI, ARI WIBOWO type: other datestamp: 2025-06-13 02:44:30 lastmod: 2025-06-13 02:44:30 metadata_visibility: show title: EFEKTIVITAS STRATEGI FLIPPED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA UNTUK MENINGKATKAN HOTs ispublished: pub subjects: 500 subjects: 507 subjects: 540 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas strategi flipped learning dengan pendekatan saintifik pada materi kesetimbangan kimia untuk meningkatkan HOTs. Desain penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Gunung Sugih Tahun Ajaran 2023/2024 yang tersebar dalam empat kelas yaitu kelas XI IPA 1 sampai dengan XI IPA 4 berjumlah 120 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan puposive sampling dan didapatkan XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-gain HOTs kelas eksperimen sebesar 0,57 signifikan lebih tinggi dibandingkan di kelas kontrol yaitu sebesar 0,34. Hal ini menunjukkan bahwa strategi flipped learning dengan pendekatan saintifik pada materi kesetimbangan kimia efektif untuk meningkatkan HOTs. Kata kunci: flipped learning, HOTs, pendekatan saintifik date: 2025-04-30 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: SETEVI, ARI WIBOWO (2025) EFEKTIVITAS STRATEGI FLIPPED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA UNTUK MENINGKATKAN HOTs. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/88517/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/88517/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/88517/3/SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf