@misc{eprints88527, month = {Mei}, title = {PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RADEC (READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN, AND CREATE) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V }, author = {- SEPTIANA}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG }, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN }, year = {2025}, url = {http://digilib.unila.ac.id/88527/}, abstract = {Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPAS peserta didik kelas V SD Negeri 1 Teluk Pandan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, and Create) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan yaitu nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini berjumlah 83 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dengan jumlah 55 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Analisis data yang digunakan yaitu Uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan, (1) terdapat pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap hasil belajar IPAS peserta didik. Hal itu dibuktikan dengan hasil thitung = 10,7 {\ensuremath{>}} ttabel = 2,021. (2) terdapat pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar IPAS peserta didik, dibuktikan dengan hasil thitung = 5,487 {\ensuremath{>}} ttabel = 2,021. (3) terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran RADEC dengan model problem based learning terhadap hasil belajar IPAS peserta didik, dibuktikan dengan hasil thitung = 2,2 {\ensuremath{>}} ttabel = 2,021.} }