%A Sunarto 1013108009 %J Digital Library %T UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN GERAK DASAR HAND STAND ROLL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 KARANGANYAR PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012 %X Penddidikan jasmani merupakan suatu proses pembelajaran yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan hidup aktif serta sikap sportif melalui kegiatan pendidikan jasmani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar gerak dasar Hand Stand Roll dengan Menggunakan Model Pembelajaran pada siswa kelas V SD Negeri 3 Karanganyar, Pesawaran Tahun Pelajaran 2011/2012. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (Class room Action Reserch), dengan Dua siklus, dimana pada setiap siklus menggunakan tindakkan yang berbeda-beda. Siklus pertama dengan penggunaan pembelajaran perbagian, dan siklus kedua dengan penggunaan bantuan guru. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa V SD Negeri 3 Karanganyar Pesawaran Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 23 siswa. Pengumpulan data diambil dari tes berupa pengamatan keterampilan gerak dasar Hand Stand Roll yang meliputi sikap awal pelaksanaan dan sikap akhir. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan gerak dasar Hand Stand Roll melalui penggunaan alat bantu pada setiap siklusnya, adapun peningkatan pada setiap siklus adalah sebagai berikut siklus pertama sebesar 65,22 %, dan siklus kedua 86,96 %. Melalui pengadaan alat bantu sehingga dapat membantu dalam pembelajaran pada siswa kelas V SDN 3 Karanganyar dalam melakukan gerekan Hand Stand Rooll dan dapat digunakan untuk di masa-masa yang akan datang. %D 2012 %L eprints8853