?url_ver=Z39.88-2004&rft_id=2053054004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=STUDI+KOMPARATIF+KEIKUTSERTAAN+BERMAIN+DRUM+BAND+TERHADAP+KEDISIPLINAN+ANAK+USIA+5-6+TAHUN+DI++TK++NEGERI++PEMBINA+METRO+UTARA&rft.creator=Nur+%2C+Azmi+Rachmanisa&rft.subject=300+Ilmu+sosial&rft.subject=370+Pendidikan&rft.subject=780+Musik&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+perbedaan+keikutsertaan+bermain+drum+band+antara+anak-anak+yang+mengikuti+kegiatan+drum+band+dan+yang+tidak+mengikuti+drum+band+terhadap+kedisiplinan+anak+usia+5-6+tahun+di+TK+Negeri+Pembina+Metro+Utara.+Metode+yang+digunakan+dalam+penelitian+ini+menggunakan+metode+kuantitatif+dengan+jenis+penelitian+kausal+komparatif+bersifat+ex+post+facto.+Populasi+dalam+penelitian+ini+adalah+seluruh+anak+kelompok+B+di+TK+Negeri+Pembina+Metro+Utara+berjumlah+61+anak+yang+berusia+5-6+tahun.+Teknik+pengambilan+sampel+menggunakan+total+sampling.+Teknik+pengumpulan+data+utama+adalah+observasi.+Teknik+analisis+data+menggunakan+uji+independent+sample+t-test.+Hasil+penelitian+menunjukan+bahwa+terdapat+perbedaan+signifikan+pada+kelompok+yang+tidak+bermain+dengan+kelompok+yang+bermain+drum+band+dengan+nilai+signifikansi+sebesar+0%2C000+%3C+0%2C05+yang+berarti+Ha+diterima.+%0D%0A%0D%0AKata+Kunci+%3A+drum+band%2C+kedisiplinan%2C+anak+usia+dini+%0D%0A&rft.publisher=Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan+&rft.date=2025-05-20&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F88537%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F88537%2F4%2FSKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F88537%2F3%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++Nur+%2C+Azmi+Rachmanisa++(2025)+STUDI+KOMPARATIF+KEIKUTSERTAAN+BERMAIN+DRUM+BAND+TERHADAP+KEDISIPLINAN+ANAK+USIA+5-6+TAHUN+DI+TK+NEGERI+PEMBINA+METRO+UTARA.++Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan+%2C+Universitas+Lampung+.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F88537%2F