%A Reza Putri Mutiara Dwi %T PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN GEN Z PENGGUNA INSTAGRAM PADA PRODUK EMINA COSMETICS %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh celebrity endorser terhadap keputusan pembelian Gen Z pengguna Instagram pada produk Emina Cosmetics. Celebrity endorser dalam penelitian ini dianalisis menggunakan indikator TEARS yang terdiri dari Trustworthiness, Expertise, Attractiveness, Respect, dan Similarity. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksplanatori kausal. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden yang merupakan pengguna Instagram dari kalangan Gen Z yang mengetahui atau pernah melihat promosi Emina Cosmetics oleh celebrity endorser. Analisis data dilakukan menggunakan uji validitas, reliabilitas, analisis deskriptif, uji asumsi klasik, regresi linier sederhana, uji t, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa celebrity endorser berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan koefisien regresi sebesar 0,133. Koefisien determinasi (R?) sebesar 0,35,5 menunjukkan bahwa 35,5% keputusan pembelian dipengaruhi oleh celebrity endorser, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Dengan demikian, penggunaan celebrity endorser yang sesuai dengan karakteristik target pasar dapat menjadi strategi efektif dalam meningkatkan keputusan pembelian konsumen, khususnya pada generasi Z. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %I FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK %L eprints88552