%0 Generic %A REFINA , AMALIA TAUFIQ %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %F eprints:88569 %I ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK %T IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN DALAM PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DI KOTA BANDAR LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/88569/ %X Pendidikan memiliki peran strategis dalam pembangunan nasional dan peningkatan kualitas sumber daya manusia. Namun, di Kota Bandar Lampung, angka putus sekolah masih menjadi tantangan utama dalam mewujudkan pendidikan berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kebijakan program pembangunan berkelanjutan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Fokus penelitian diarahkan pada empat indikator implementasi kebijakan menurut teori Richard E. Matland, yaitu ketepatan kebijakan, ketepatan pelaksanaan, ketepatan target, dan ketepatan lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program pembangunan berkelanjutan dalam sektor pendidikan telah berjalan namun masih menghadapi berbagai kendala, seperti keterbatasan sarana dan prasarana serta belum meratanya kompetensi guru. Meskipun angka putus sekolah mengalami penurunan, tantangan dalam meningkatkan mutu pendidikan tetap memerlukan perhatian serius dari pemerintah daerah. Oleh karena itu, sinergi antara pemerintah, lembaga pendidikan, dan masyarakat perlu diperkuat untuk memastikan tercapainya tujuan pendidikan berkualitas sesuai target pembangunan berkelanjuta pada tahun 2030. Kata Kunci : Implementasi Kebijakan, Pembangunan Berkelanjutan, Pendidikan Berkualitas. Education plays a strategic role in national development and improving the quality of human resources. However, in Bandar Lampung City, the dropout rate remains a major challenge in achieving quality education. This study aims to analyze the implementation of sustainable development program policies in enhancing the quality of education in Bandar Lampung City. The research method used is descriptive qualitative, with data collection techniques through interviews, observations, and documentation. The research focuses on four indicators of policy implementation based on Richard E. Matland's theory: policy accuracy, implementation accuracy, target accuracy, and environmental accuracy. The results show that the implementation of the sustainable development program in the education sector has been carried out but still faces several obstacles, such as limited infrastructure and, unqual teacher competencies. Although the dropout rate has decreased, challenges in improving educational quality still require serious attention from the local government. Therefore, stronger synergy among the government, educational institutions, and the community is needed to ensure the achievement of quality education in line with the sustainable development goals by 2030. Key words : Policy Implementation, Sustainable Development, Quality Education.