%0 Generic %A MAUDY , JENIA %C LAMPUNG %D 2025 %F eprints:88572 %I EKONOMI DAN BISNIS %T ANALISIS STRATEGI BISNIS PADA USAHA JASA CUCI SEPATU CLEANSHIPP LAMPUNG DI BANDAR LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/88572/ %X Trend gaya hidup masyarakat yang semakin sadar tentang adanya fashion terlebih mengenai sepatu, mendorong masyarakat banyak membeli, menggunakan dan bahkan mengoleksi berbagai jenis sepatu. Dari adanya trend tersebut, masyarakat semakin aware dengan perawatan sepatu mereka, oleh karenanya mereka memilih menggunakan jasa profesional untuk mencuci dan merawat sepatunya. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan pada penelitian ini. Dalam menghadapi persaingan pasar yang semakin ketat, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengkaji strategi bisnis yang digunakan oleh usaha jasa cuci sepatu Cleanshipp Lampung di Bandar Lampung. Penelitian ini mengidentifikasi faktor internal dan faktor eksternal perusahaan yang mempengaruhi keberlanjutan usaha dengan menggunakan metode analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats), matriks IFE (Internal Factor Evaluation), EFE (External Factor Evaluation), Matriks IE (Internal-external), dan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix), serta memberikan rekomendasi strategi yang dapat diterapkan oleh perusahaan. Penelitian menunjukkan hasil bahwa alternatif strategi yang direkomendasikan adalah “memanfaatkan lokasi strategis dan kualitas layanan untuk menghadapi pesaing baru”. Cleanshipp Lampung dapat menambah drop station untuk mengirimkan sepatu pelanggan, dan dapat menambah produk seperti cairan anti jamur, dan parfum sepatu, serta Cleanshipp juga dapat memanfaatkan media sosial untuk edukasi pelanggan dan tetap mempertahikan durasi pengerjaan dengan memodernisasi peralatan. Kata Kunci: Strategi Bisnis, SWOT, IFE, EFE, QSPM, Cleanshipp Lampung