TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints88585 UR - http://digilib.unila.ac.id/88585/ A1 - WULAN, SYAH HIDAYATULLAH Y1 - 2025/// N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Discovery Learning berbantuan aplikasi Phy-phox dalam meningkatkan Keterampilan Proses Sains (KPS) dan mengatasi miskonsepsi pada materi gerak jatuh bebas di SMA Negeri 1 Raman Utara pada tahun ajaran 2024/2025 semester genap. Penelitian ini menggunakan desain one group pretest-posttest dengan subjek penelitian sebanyak 28 peserta didik di kelas XII.5. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pretest dan posttest yang berfokus pada pemahaman konsep gerak jatuh bebas serta pengukuran tingkat miskonsepsi yang dialami peserta didik. Analisis data dilakukan menggunakan uji Wilcoxon dan N-gain. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan KPS yang signifikan dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 dan nilai N-gain sebesar 0,58 yang termasuk dalam kategori sedang. Selain itu, persentase miskonsepsi peserta didik pada pretest mencapai 37,49% sementara pada posttest menurun menjadi 17,50% yang menunjukkan adanya penurunan tingkat miskonsepsi setelah pembelajaran dengan aplikasi Phy-Phox. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Discovery Learning berbantuan aplikasi Phy-Phox efektif dalam meningkatkan KPS dan mengatasi miskonsepsi pada materi gerak jatuh bebas di SMA Negeri 1 Raman Utara. Kata kunci: Aplikasi Phy-Phox, Discovery Learning, Gerak Jatuh Bebas, Keterampilan Proses Sains, Miskonsepsi PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN APLIKASI PHY-PHOX UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN MENGATASI MISKONSEPSI PADA MATERI GERAK JATUH BEBAS AV - restricted ER -