title: PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNINGBERBANTUAN AUGMENTED REALITY (AR) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATERI SISTEM EKSKRESI creator: RICHO , ARMAYOGA subject: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika subject: 570 Biologi description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model problem based learning berbantuan Augmented Reality (AR) terhadap kemampuan literasi sains peserta didik kelas VIII pada materi sistem ekskresi, serta untuk mengetahui tanggapan peserta didik terhadap model PBL berbantuan AR yang digunakan pada materi sistem ekskresi. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperiment dengan jenis data pada penelitian ini berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Instrumen yang digunakan yaitu soal pre-test dan post-test serta angket tanggapan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa N-gain kemampuan literasi sains peserta didik kelas eksperimen sebesar 0.68, sedangkan kelas kontrol sebesar 0.27. Uji normalitas pada penelitian ini dilakukan menggunakan uji kolmogrov -smirnov dengan hasil kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai taraf signifikansi >0,05, sehingga H0 diterima dan H1 ditolak. Selanjutnya uji homogenitas pada penelitian ini menghasilkan sig. 0,711 > 0,05, berarti H1 diterima. Berikutnya dilakukan uji hipotesis menunjukkan nilai sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05, sehingga diperoleh hasil uji bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Kemudian dilakukan uji Effect Size yang menunjukan nilai sebesar 0.6 dengan kriteria besar. Sedangkan hasil angket tanggapan peserta didik memperoleh rata rata 89.67% dengan kategori baik sekali. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model PBL berbantuan AR terhadap kemampuan literasi sains peserta didik kelas VIII pada materi sistem ekskresi. Kata Kunci : AR, kemampuan literasi sains, PBL dan sistem ekskresi publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2025-05-27 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/88611/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/88611/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/88611/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMABAHASAN.pdf identifier: RICHO , ARMAYOGA (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNINGBERBANTUAN AUGMENTED REALITY (AR) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATERI SISTEM EKSKRESI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/88611/