%A - JULEHA %T PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK MAKER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PENDAPATAN NASIONAL BAGI SISWA KELAS XI SMA YP UNILA BANDAR LAMPUNG %X Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan belum adanya variasi bahan ajar yang menggunakan multimedia serta kesulitan siswa dalam memahami materi pembelajaran, khususnya materi Pendapatan Nasional. Oleh karena itu, diperlukan sebuah bahan ajar yang menarik berupa e-modul pembelajaran interaktif agar siswa lebih termotivasi dan mampu memahami materi dengan baik pada saat proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis flipbook maker untuk meningkatkan hasil belajar pada materi Pendapatan Nasional bagi siswa kelas XI SMAYP Unila Bandar Lampung yang valid dan layak digunakan. Subjek dalam penelitian pengembangan ini adalah dosen validasi ahli, parktisi dan siswa kelas XI SMA YP Unila Bandar Lampung. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis statistik deskriptif. Dalam penelitian ini model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE, yang terdiri dari Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul berbasis flipbook maker untuk meningkatkan hasil belajar pada materi pendapatan nasional dinyatakan valid dan layak untuk digunakan setelah dilakukan validasi ahli dan praktisi. Pada uji coba terbatas yang dilakukan oleh siswa menunjukkan bahwa e-modul sangat menarik dan sangat mudah digunakan. E-modul pembelajaran ini efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: E-modul, Flipbook Maker, Hasil Belajar dan Pendapatan Nasional This development research is motivated by the low student learning outcomes caused by the absence of a variety of teaching materials that use multimedia and students' difficulties in understanding learning materials, especially National Income materials. Therefore, an interesting teaching material in the form of an interactive learning e-module is needed so that students are more motivated and able to understand the material well during the learning process. This study aims to develop e-modules based on flipbook maker to improve learning outcomes on National Income material for class XI SMAYP Unila Bandar Lampung students who are valid and feasible to use. The subjects in this development research are expert validation lecturers, parktisi and students of class XI SMA YP Unila Bandar Lampung. Data analysis in this study used descriptive statistical analysis method. In this research, the development model used is ADDIE, which consists of Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The results showed that flipbook maker-based e-modules to improve learning outcomes on national income material were declared valid and feasible to use after expert and practitioner validation. The limited trial conducted by students showed that the e-module was very interesting and very easy to use. This learning e-module is effective for improving student learning outcomes. Keywords: E-module, Flipbook Maker, Learning Outcomes and National Income %D 2025 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %R 2113031061 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints88624