?url_ver=Z39.88-2004&rft_id=1853041002&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PEMBELAJARAN+BERDIFERENSIASI+PADA+TEKS+HIKAYAT+SISWA+KELAS+X+DI+SMK+NEGERI+3+BANDARLAMPUNG&rft.creator=SASKIA+ANZANI%2C++SAFA&rft.subject=373+Pendidikan+menengah%3B+sekolah+tingkat+lanjutan&rft.subject=407+Pendidikan%2C+riset+dan+topik+terkait+tentang+Bahasa&rft.subject=807+Pendidikan%2C+riset+penelitian+dan+topik+terkait+kesusastraan&rft.description=Pembelajaran+berdiferensiasi+merupakan+pendekatan+yang+menyesuaikan+proses+pembelajaran+dengan+kebutuhan%2C+minat%2C+dan+karakteristik+siswa+guna+meningkatkan+efektivitas+pembelajaran.+Penelitian+ini+bertujuan+untuk+menganalisis+pemahaman+guru+terhadap+pembelajaran+berdiferensiasi%2C+perencanaan+dan+pelaksanaannya+dalam+pembelajaran+teks+hikayat%2C+serta+dampaknya+terhadap+hasil+belajar+siswa+di+kelas+X+Perhotelan+2+SMK+Negeri+3+Bandar+Lampung.+Metode+penelitian+yang+digunakan+adalah+deskriptif+kualitatif+dengan+teknik+pengumpulan+data+melalui+wawancara%2C+observasi%2C+dan+analisis+dokumen.+%0D%0A%0D%0AHasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+guru+telah+memiliki+pemahaman+yang+cukup+baik+mengenai+pembelajaran+berdiferensiasi%2C+tetapi+implementasinya+masih+belum+optimal.+Dalam+aspek+perencanaan%2C+model+Project-Based+Learning+(PjBL)+telah+diterapkan%2C+tetapi+masih+terdapat+keterbatasan+dalam+diferensiasi+konten+dan+produk.+Sumber+belajar+masih+terbatas+pada+buku+teks+tanpa+adanya+variasi+bahan+ajar+seperti+video%2C+infografis%2C+atau+media+digital+lainnya.+Diferensiasi+produk+juga+belum+diterapkan+dengan+baik%2C+di+mana+semua+siswa+hanya+diberikan+tugas+yang+seragam+tanpa+pilihan+alternatif+yang+sesuai+dengan+minat+dan+kemampuan+mereka.+Dalam+pelaksanaan+pembelajaran%2C+metode+yang+digunakan+masih+didominasi+oleh+ceramah+dan+tanya+jawab%2C+dengan+minimnya+penggunaan+teknologi+dan+media+interaktif.+Hasil+diagnosis+gaya+belajar+menunjukkan+bahwa+mayoritas+siswa+(69%25)+memiliki+gaya+belajar+visual%2C+tetapi+metode+pengajaran+belum+sepenuhnya+disesuaikan+dengan+preferensi+belajar+tersebut.+Lingkungan+belajar+juga+masih+bersifat+tradisional+dengan+susunan+bangku+yang+statis%2C+sehingga+membatasi+fleksibilitas+interaksi+dan+kolaborasi+siswa.%0D%0A%0D%0AHasil+belajar+siswa+menunjukkan+bahwa+dari+35+siswa+yang+mengikuti+tes+menulis+teks+hikayat%2C+60%25+siswa+mencapai+ketuntasan+belajar%2C+sementara+40%25+siswa+belum+mencapai+ketuntasan.+Hal+ini+mengindikasikan+bahwa+masih+terdapat+kesenjangan+dalam+pencapaian+kompetensi+siswa%2C+yang+kemungkinan+disebabkan+oleh+kurangnya+penerapan+strategi+diferensiasi+dalam+pembelajaran.+Berdasarkan+temuan+penelitian+ini%2C+disarankan+agar+guru+meningkatkan+variasi+sumber+belajar%2C+mengembangkan+metode+pembelajaran+yang+lebih+interaktif%2C+serta+menyediakan+pilihan+tugas+yang+lebih+fleksibel.+Selain+itu%2C+diperlukan+pelatihan+lebih+lanjut+bagi+guru+untuk+memperdalam+pemahaman+dan+keterampilan+dalam+menerapkan+pembelajaran+berdiferensiasi+secara+efektif.+Dengan+penerapan+strategi+yang+lebih+optimal%2C+diharapkan+pembelajaran+dapat+lebih+inklusif+dan+mampu+mengakomodasi+kebutuhan+belajar+siswa+secara+lebih+baik.%0D%0A%0D%0AKata+kunci%3A+Pembelajaran+berdiferensiasi%2C+teks+hikayat%2C+gaya+belajar%2C+hasil+belajar%2C+Project-Based+Learning+(PjBL).%0D%0A&rft.publisher=KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2025-03-17&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F88625%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F88625%2F3%2FSKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F88625%2F2%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++SASKIA+ANZANI%2C+SAFA++(2025)+PEMBELAJARAN+BERDIFERENSIASI+PADA+TEKS+HIKAYAT+SISWA+KELAS+X+DI+SMK+NEGERI+3+BANDARLAMPUNG.++KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F88625%2F