creators_name: NATA , PRAYOGA creators_id: 2113051081 type: other datestamp: 2025-06-14 05:05:52 lastmod: 2025-06-14 05:05:52 metadata_visibility: show title: HUBUNGAN TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECEMASAN TERHADAP KEMAMPUAN TENDANGAN PENALTY PADA ATLET SEKOLAH SEPAKBOLA (SSB) VIP SOCCER ACADEMY ispublished: pub subjects: 001 subjects: 300 subjects: 370 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat kecerdasan emosional dan kecemasan terhadap kemampuan tendangan penalty pada atlet sekolah sepakbola (SSB) VIP soccer academy. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional. Sampel penelitian adalah pemain sepakbola di sekolah sepakbola VIP soccer academy berusia 10-14 tahun berjumlah 30 atlet. Instrumen yang digunakan untuk kecerdasan emosional dan kecemasan yaitu angket tertutup, tendangan penalty menggunakan tes tendangan bola ke target. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap kemampuan tendangan penalti pada atlet sekolah sepakbola (SSB) VIP soccer academy dengan nilai r hitung > r tabel = 0.733 > 0.374. 2) ada hubungan yang signifikan antara kecemasan terhadap kemampuan tendangan penalti pada atlet sekolah sepakbola (SSB) VIP soccer academy dengan nilai r hitung > r tabel = 0.705 > 0.374. dan 3) ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dan kecemasan terhadap kemampuan tendangan penalti pada atlet sekolah sepakbola (SSB) VIP soccer academy dengan nilai r hitung > r tabel = 0.791 > 0.374. Implikasi penelitian ini dapat memberikan wawasan penting bagi pengembangan program pelatihan dalam sepakbola. Pelatihan tidak hanya harus fokus pada aspek teknik sepak bola, tetapi juga pada pengembangan kecerdasan emosional atlet, termasuk kemampuan mereka dalam mengelola stres dan kecemasan. Kata kunci: emosional, kecemasan, penalti This study aims to determine the relationship between the level of emotional intelligence and anxiety regarding penalty kicks in VIP Soccer Academy soccer school (SSB) athletes. The research method used in this research is correlational. The research sample was 30 soccer players at the VIP Soccer Academy soccer school aged 10-14 years. The instruments used for emotional intelligence and anxiety are closed questionnaires, penalty kicks using a ball kick test at the target. The results of the research show that 1) there is a significant relationship between emotional intelligence and penalty kick ability in VIP Soccer Academy soccer school (SSB) athletes with a calculated r value > r table = 0.733 > 0.374. 2) there is a significant relationship between anxiety about penalty kick ability in VIP soccer academy soccer school (SSB) athletes with the calculated r value > r table = 0.705 > 0.374. and 3) there is a significant relationship between emotional intelligence and anxiety regarding penalty kick ability in VIP soccer academy soccer school (SSB) athletes with a calculated r value > r table = 0.791 > 0.374. The implications of this research can provide important insights for the development of training programs in football. Training should not only focus on the technical aspects of football, but also on developing athletes' emotional intelligence, including their ability to manage stress and anxiety. Keywords: emotional, anxiety, penalty date: 2025-04-24 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG id_number: 2113051081 citation: NATA , PRAYOGA (2025) HUBUNGAN TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECEMASAN TERHADAP KEMAMPUAN TENDANGAN PENALTY PADA ATLET SEKOLAH SEPAKBOLA (SSB) VIP SOCCER ACADEMY. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/88627/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/88627/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/88627/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf