%0 Generic %A 1013068043, LAINAWATI %D 2012 %F eprints:8863 %T UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN ROLL BELAKANG MELALUI BANTUAN GURU DAN KAWAN PADA SISWA KELAS V SDN 1 PESAWARAN KEDONDONG %U http://digilib.unila.ac.id/8863/ %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan dan memperbaiki keterampilan guling belakang (back roll) menggunakan bantuan guru dan siswa pada siswa kelas V SD Negeri 1 Pesawaran Kecamatan Kedondong Kabupaten Pesawaran Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Pesawaran Kecamatan Kedondong yang berjumlah 24 siswa, dengan perincian 12 laki-laki dan 12 perempuan. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dengan menggunakan instrumen penilaian tes keterampilan gerak roll belakang. Hasil penelitian menunjukkan: setiap siklus adanya perbaikan hasil belajar roll belakang, dan bila dilihat dari KKM pada tes awal diperoleh prosentase keberhasilan ketuntasan belajar sebesar 54,15%, pada siklus kesatu diperoleh prosentase keberhasilan ketuntasan belajar 75%, ternyata dapat meningkatkan kemampuan gerak dasar roll belakang secara signifikan dan pada siklus kedua diperoleh prosentase keberhasilan ketuntasan belajar 85,33%, berdasarkan nilai rerata untuk meningkatkan hasil pembelajaran harus diberi perlakuan yang sesuai dengan metode yang telah ditetapkan. Hasil peningkatan ≥ 50% itu artinya hasil pembelajaran roll belakang dengan bantuan guru dan teman menunjukan telah terjadi peningkatan. Dengan kata lain dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kayang pada siswa kelas V SD Negeri 1 Pesawaran sangat efektif setelah menggunakan bantuan guru dan siswa.