title: PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN KOLABORASI ANAK USIA 5-6 TAHUN creator: Rosidah , Rizka subject: 300 Ilmu sosial subject: 370 Pendidikan description: Masalah pada penelitian ini adalah kemampuan kolaborasi anak usia 5-6 tahun di PAUD Batu Gajah Kota Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning (PjBL) terhadap kemampuan kolaborasi anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan yaitu pre-eksperimental dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan jumlah 16 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi berupa lembar checklist. Teknik analisis uji hipotesis menggunakan uji wilcoxon. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa penggunaan model project based learning (PjBL) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan kolaborasi anak usia 5-6 tahun. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Asm.sig 0,000 < 0,05. Kemampuan kolaborasi anak bisa dilihat dari dimensi proses interaktif, bekerja sama, komunikasi interpersonal, dan empati. Kata Kunci: Kemampuan, Kolaborasi, Model, PjBL, Anak publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan date: 2025-05-26 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/88663/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/88663/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/88663/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: Rosidah , Rizka (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN KOLABORASI ANAK USIA 5-6 TAHUN. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. relation: http://digilib.unila.ac.id/88663/