creators_name: Rosidah , Rizka creators_id: 2113054030 type: other datestamp: 2025-06-14 06:07:19 lastmod: 2025-06-14 06:07:19 metadata_visibility: show title: PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN KOLABORASI ANAK USIA 5-6 TAHUN ispublished: pub subjects: 300 subjects: 370 full_text_status: restricted abstract: Masalah pada penelitian ini adalah kemampuan kolaborasi anak usia 5-6 tahun di PAUD Batu Gajah Kota Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning (PjBL) terhadap kemampuan kolaborasi anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan yaitu pre-eksperimental dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan jumlah 16 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi berupa lembar checklist. Teknik analisis uji hipotesis menggunakan uji wilcoxon. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa penggunaan model project based learning (PjBL) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan kolaborasi anak usia 5-6 tahun. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Asm.sig 0,000 < 0,05. Kemampuan kolaborasi anak bisa dilihat dari dimensi proses interaktif, bekerja sama, komunikasi interpersonal, dan empati. Kata Kunci: Kemampuan, Kolaborasi, Model, PjBL, Anak date: 2025-05-26 date_type: published publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan place_of_pub: Universitas Lampung id_number: 2113054030 citation: Rosidah , Rizka (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN KOLABORASI ANAK USIA 5-6 TAHUN. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. document_url: http://digilib.unila.ac.id/88663/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/88663/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/88663/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf