?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=MODEL+PEMBELAJARAN+KRITIS-KOLABORATIF+UNTUK+MEMBANGUN+KETERAMPILAN+ABAD+21+CALON+GURU+IPA+DALAM+KONTEKS+ISU+SOSIOSAINTIFIK%0D%0A%0D%0A&rft.creator=IRWANDANI%2C+IRWANDANI&rft.subject=370+Pendidikan&rft.subject=378+Pendidikan+tinggi%2C+unversitas&rft.description=Di+masa+depan%2C+realita+dan+tantangan+yang+semakin+kompleks+menuntut+lembaga+pendidikan+tinggi+untuk+mempersiapkan+mahasiswa+calon+guru+yang+mampu+mengajarkan+berbagai+keterampilan+abad+21.+Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengembangkan+dan+menguji+kevalidan%2C+kepraktisan+dan+keefektifan+Model+Pembelajaran+Kritis-Kolaboratif+(Critical-Collaborative+Learning+Model%2FCCLM)+dalam+membangun+keterampilan+abad+21+mahasiswa+calon+guru+IPA.+Metode+penelitian+menggunakan+metode+campuran+(mixed+method)%2C+dengan+desain+pengembangan+model+pembelajaran+menggunakan+langkah+Borg+dan+Gall.+Hasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+Model+Pembelajaran+CCLM+dan+perangkat+pembelajaran+yang+dibangun+memenuhi+standar+validitas+secara+isi+maupun+konstruk.+Hasil+uji+coba+terbatas+dan+uji+coba+luas+menunjukkan+bahwa+Model+Pembelajaran+CCLM+dinyatakan+praktis+dan+mudah+diimplementasikan+dalam+pembelajaran.+Selanjutnya%2C+hasil+analisis+kuantitatif+(pretest-posttest%2C+MANOVA)+dan+kualitatif+(FGD%2C+observasi+dan+catatan+lapangan)+mengungkapkan+bahwa+Model+Pembelajaran+CCLM+secara+efektif+dapat+membangun+keterampilan+berpikir+kritis%2C+berpikir+kreatif%2C+kolaborasi%2C+dan+komunikasi+mahasiswa+calon+guru+IPA+dibandingkan+dengan+kelas+kontrol.+Lebih+lanjut%2C+penelitian+ini+juga+memberikan+kontribusi+pada+pembelajaran+Online+Collaborative+Learning+(OCL)+melalui+penambahan+tahapan+pembentukan+kelompok+kolaborasi+yang+terstruktur%2C+literasi+kritis%2C+dan+aksi+berdampak+nyata%2C+sehingga+menjadikan+implementasi+dari+OCL+menjadi+lebih+matang+dan+efektif.+Dengan+demikian%2C+Model+Pembelajaran+CCLM+dapat+dijadikan+alternatif+model+pembelajaran+masa+depan+untuk+membangun+keterampilan+abad+21.&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2025-05-28&rft.type=Disertasi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F88668%2F1%2FAbstrak.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F88668%2F2%2FFull%2520Tanpa%2520Lampiran%2520Disertasi_Irwandani_2133031005.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F88668%2F3%2FTanpa%2520Pembahasan%2520Disertasi_Irwandani_2133031005.pdf&rft.identifier=++IRWANDANI%2C+IRWANDANI++(2025)+MODEL+PEMBELAJARAN+KRITIS-KOLABORATIF+UNTUK+MEMBANGUN+KETERAMPILAN+ABAD+21+CALON+GURU+IPA+DALAM+KONTEKS+ISU+SOSIOSAINTIFIK.++%5BDisertasi%5D+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F88668%2F