%0 Generic %A HELDY, TIARA SANI %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %F eprints:88688 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA AL-HUDA JATI AGUNG TAHUN AJARAN 2023/2024 %U http://digilib.unila.ac.id/88688/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata Pelajaran geografi di SMA Al-Huda Jati Agung tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental dengan desain one group only posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA AlHuda Jati Agung dengan sampel penelitian yaitu kelas XI IPS 1 yang ditentukan melalui teknik purposive sampling. Jumlah siswa pada sampel yakni berjumlah 31 siswa. Data penelitian dikumpulkan melalui tes, kuesioner, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran geografi. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran project based learning pada siswa kelas XI IPS 1. Dimana rata-rata nilai akhir akhir siswa adalah 77,7. Analisis regresi linier sederhana pada kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran geografi menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,031<0,050. Hal ini berarti bahwa model pembelajaran Project Based Learning berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Kata kunci: model pembelajaran, project based learning, berpikir kreatif, geografi.