TY - GEN ID - eprints88735 UR - http://digilib.unila.ac.id/88735/ A1 - RASTHI, MILANIE PUTRI Y1 - 2025/05/14/ N2 - Salah satu elemen kunci manajemen keuangan yang berupaya memenuhi kebutuhan operasional lembaga pemerintah adalah pengadaan produk dan jasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pengadaan barang dan jasa Sekretariat DPRD Provinsi Lampung sesuai dengan Perpres No 12 Tahun 2021. Temuan studi membuktikan jika pengadaan barang dan jasa oleh Sekretariat DPRD Provinsi Lampung telah dilaksanakan sesuai dengan pedoman yang ditetapkan dalam Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2021. Pengadaan barang dan jasa, termasuk seluruh tahapan kebutuhan, meliputi perencanaan, penyiapan, dan pelaksanaan, dilaksanakan oleh kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah dengan menggunakan uang APBN/APBD. Menurut peraturan presiden tersebut, untuk menghindari masalah seperti korupsi dan menjamin tidak ada pihak yang terpengaruh, pengadaan produk dan layanan harus dilakukan secara bertanggung jawab dan transparan. Perencanaan aset daerah akan menjadi acuan perencanaan kebutuhan dengan cara yang dianggap efektif dan efisien. Laporan Akhir ini menerapkan metode kualitatif deskriptif dengan cara mengumpulkan data melalui wawancara dan dokumen. Kata kunci: Pengadaan Barang dan Jasa, Peraturan Presiden No 12 Tahun 2021,Transparansi, Efektifitas, Akuntabilitas. PB - Fakultas Ekonomi dan Bisnis TI - IMPLEMENTASI PENGADAAN BARANG DAN JASA PADA SEKRETARIAT DPRD PROVINSI LAMPUNG BERDASARKAN PERATURAN PRESIDEN NO 12 TAHUN 2021 AV - restricted ER -