%A MUTIARA AFIFAH %T STRATEGI AFILIATOR TIKTOK DALAM MARKETING BRAND BEAUTY DI KABUPATEN TANGERANG %X Penelitian ini mengkaji strategi afiliator TikTok dalam pemasaran produk merek kecantikan di Kabupaten Tangerang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bentuk strategi yang digunakan dan mengetahui strategi yang efektif bagi afiliator TikTok dalam pemasaran produk merek kecantikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan tujuh afiliator TikTok di Kabupaten Tangerang berdasarkan kriteria informan yang telah ditetapkan. Selain itu, peneliti telah melakukan observasi dengan meninjau akun TikTok masing-masing informan untuk mengidentifikasi strategi yang diterapkan oleh afiliator. Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan bukti dari akun afiliator TikTok agar memperkuat hasil wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa afiliator TikTok menerapkan berbagai strategi yang memperhatikan kualitas konten seperti: komunikasi yang baik dengan audiens, penggunaan thumbnail, hastag yang relevan, konsistensi dalam memposting setiap hari, bio yang fokus pada satu kategori tertentu, serta interaksi aktif melalui Direct Message (DM) dan kolom komentar. Temuan lainnya mengungkapkan bahwa jumlah pengikut tidak selalu menentukan besarnya penghasilan afiliator. Selain itu, strategi pemasaran yang efektif dalam mempromosikan produk kecantikan mencakup: penggunaan thumbnail yang menarik, komunikasi afiliator (baik melalui direct-talk maupun voice-over), penggunaan hook yang kuat, Call-To-Action (CTA), konsistensi posting setiap hari dan memposting di jam 09.00?12.00 WIB, serta bio yang terfokus. Konsistensi dalam mengunggah konten berkualitas memiliki pengaruh langsung terhadap jumlah penonton dan penghasilan afiliator. Durasi keterlibatan afiliator dalam program TikTok Affiliate juga turut berkontribusi terhadap besarnya pendapatan, meskipun tetap harus didukung dengan kualitas konten yang baik dan konsisten. Program afiliasi TikTok membuka peluang bagi masyarakat untuk mandiri secara finansial, sehingga menjadi alternatif lapangan kerja di tengah masalah pengangguran di Kabupaten Tangerang. Kata Kunci: Strategi Afiliator TikTok, Afiliasi Pemasaran, Pemasaran Merek Kecantikan, TikTok Shop. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %I FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK %L eprints88737