?url_ver=Z39.88-2004&rft_id=2013024014&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+MODEL+PROBLEM+BASED+LEARNING+BERBANTUAN+E-LKPD+TERHADAP+PENINGKATAN+KETERAMPILAN+BERPIKIR+KREATIF+PESERTA+DIDIK+SMP+PADA+MATERI+PENCEMARAN+LINGKUNGAN+&rft.creator=Silvia%2C+Julianti&rft.subject=507+Pendidikan%2C+penelitian%2C+topik+terkait+ilmu+pengetahuan+alam&rft.subject=570+Biologi&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+signifikansi+pengaruh+model+Problem+Based+Learning+(PBL)+berbantuan+e-LKPD+terhadap+keterampilan+berpikir+kreatif+peserta+didik+pada+materi+pokok+Pencemaran+Lingkungan+di+SMP+Negeri+5+%0D%0ABandar+Lampung.+Penelitian+ini+Quasy+Experimental+dengan+desain+Pretest-Posttest+Non-Equivalent+Control+Group.+Subjek+penelitian+adalah+peserta+didik+kelas+VII+yang+berjumlah+60+orang+diambil+dari+populasi+berjumlah+276+orang+menggunakan+teknik+cluster+random+sampling.+Data+kuantitatif+berupa+hasil+tes+keterampilan+berpikir+kreatif+dan+data+kualitatif+berupa+data+keterlaksanaan+sintaks+pembelajaran+terhadap+model+PBL+dan+model+Discovery+Learning+serta+data+tanggapan+peserta+didik+terhadap+model+PBL+dan+model+Discovery+Learning.+Data+kuantitatif+dianalisis+menggunakan+uji+Independent+sample+t-test+(uji-t)+dan+data+kualitatif+dianalisis+secara+deskriptif.+Hasil+penelitian+menunjukkan+terdapat+perbedaan+nilai+N-Gain+yang+signifikan+(P%CB%820%2C05)%2C+di+mana+keterampilan+berpikir+kreatif+peserta+didik+yang+belajar+menggunakan+model+PBL+lebih+tinggi+dibandingkan+model+Discovery+Learning.+Pada+kelas+eksperimen%2C+indikator+%0D%0Aberpikir+kreatif+tertinggi+adalah+fluency+(N-Gain+0%2C77)+dengan+kategori+tinggi%2C+sedangkan+terendah+adalah+elaboration+(N-Gain+0%2C44)+dengan+kategori+sedang.+Di+%0D%0Akelas+kontrol%2C+keterampilan+berpikir+kreatif+peserta+didik+pada+indikator+fluency+dan+originality+tergolong+kategori+sedang%2C+indikator+flexibility+dan+elaboration+tergolong+kategori+rendah.+Hasil+angket+tanggapan+peserta+didik+diperoleh+persentase+88%2C42%25+yang+menunjukkan+bahwa+model+PBL+berbantuan+e-LKPD+sangat+baik+untuk+meningkatkan+keterampilan+berpikir+kreatif+peserta+didik.+%0D%0A+%0D%0AKata+kunci%3A+E-LKPD%2C+Keterampilan+Berpikir+Kreatif%2C+Model+Problem+Based+Learning%2C+Pencemaran+Lingkungan+%0D%0A&rft.publisher=Fakultas+Keguruan+Dan+Ilmu+Pendidikan&rft.date=2025-06-05&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F88741%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F88741%2F2%2FSKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F88741%2F3%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++Silvia%2C+Julianti++(2025)+PENGARUH+MODEL+PROBLEM+BASED+LEARNING+BERBANTUAN+E-LKPD+TERHADAP+PENINGKATAN+KETERAMPILAN+BERPIKIR+KREATIF+PESERTA+DIDIK+SMP+PADA+MATERI+PENCEMARAN+LINGKUNGAN.++Fakultas+Keguruan+Dan+Ilmu+Pendidikan%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F88741%2F