@misc{eprints88750, month = {Juni}, title = {PENGARUH MATA KULIAH PENDIDIKAN MULTIKULTUR TERHADAP PENGUATAN NILAI-NILAI TOLERANSI PADA MAHASISWA PPKN FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG }, author = {Madhanti Yara }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2025}, url = {http://digilib.unila.ac.id/88750/}, abstract = { Keberagaman budaya dan sosial di Indonesia menuntut adanya pendidikan yang menanamkan nilai toleransi, salah satunya melalui Pendidikan multikultur sebagai salah satu upaya untuk membentuk sikap saling menghargai perbedaan. Oleh karenanya penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana mata kuliah pendidikan multikultur berkontribusi dalam membentuk dan memperkuat nilai-nilai toleransi mahasiswa PPKn FKIP Universitas Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Responden yang terlibat dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi PPKn FKIP di Universitas Lampung yang berjumlah 46 mahasiswa. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara yang melibatkan mahasiswa yang telah mengikuti mata kuliah ini. Teknik penghitungan data menggunakan uji normalitas, uji linearitas, dan uji regresi linear sederhana dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mata kuliah pendidikan multikultur memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penguatan nilai toleransi mahasiswa, terutama dalam aspek penerimaan terhadap perbedaan, keterbukaan dalam berdiskusi, serta pengurangan prasangka terhadap kelompok lain. Selain itu, mahasiswa yang mengikuti mata kuliah ini lebih cenderung menjalin hubungan sosial yang lebih harmonis dan menghindari konflik berbasis identitas. Dengan demikian, mata kuliah pendidikan multikultur berperan penting dalam membentuk pola pikir dan sikap mahasiswa agar lebih inklusif dan toleran dalam kehidupan bermasyarakat. Kata Kunci: Pendidikan Multikultur, Nilai Toleransi, Keberagaman, Mahasiswa PPKn, Inklusivitas } }