?url_ver=Z39.88-2004&rft_id=2013024056&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=EFEKTIVITAS+MODEL+PROBLEM+BASED+LEARNING+(PBL)+BERBANTU+PHET+SIMULATION+TERHADAP+LITERASI+SAINS+PESERTA+DIDIK+PADA+MATERI+PERUBAHAN+IKLIM&rft.creator=Yani+Puspita+%2C+Sari&rft.subject=507+Pendidikan%2C+penelitian%2C+topik+terkait+ilmu+pengetahuan+alam&rft.subject=570+Biologi&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengkaji+efektivitas+model+Problem+Based+Learning+(PBL)+berbantuan+PhET+Simulation+terhadap+literasi+sains+peserta+didik+pada+materi+perubahan+iklim.+Literasi+sains+yang+dikaji+mencakup+tiga+indikator+utama%2C+yaitu+menjelaskan+fenomena+secara+ilmiah%2C+mengevaluasi+dan+merancang+penyelidikan+ilmiah%2C+serta+menafsirkan+data+dan+bukti+ilmiah.+Metode+yang+digunakan+adalah+kuasi+eksperimen+dengan+desain+pretest-posttest+control+group+design.+Sampel+terdiri+dari+dua+kelas%2C+yaitu+kelas+eksperimen+yang+mendapat+perlakuan+model+PBL+dengan+PhET+Simulation%2C+dan+kelas+kontrol+yang+menggunakan+pembelajaran+konvensional.+Data+diperoleh+melalui+tes+literasi+sains+dan+angket+respon+peserta+didik.+Hasil+analisis+menunjukkan+bahwa+terdapat+perbedaan+signifikan+antara+peningkatan+literasi+sains+kelas+eksperimen+dan+kontrol.+Indikator+menafsirkan+data+dan+bukti+ilmiah+mengalami+peningkatan+paling+tinggi%2C+didukung+oleh+hasil+angket+yang+menunjukkan+bahwa+PhET+Simulation+membantu+peserta+didik+memahami+hubungan+antarvariabel+dan+membaca+grafik+serta+data+visual.+Sementara+itu%2C+indikator+mengevaluasi+dan+merancang+penyelidikan+ilmiah+menunjukkan+peningkatan+paling+rendah%2C+terutama+di+kelas+kontrol%2C+akibat+minimnya+kegiatan+investigatif.+Simpulan+dari+penelitian+ini+adalah+model+PBL+berbantu+PhET+Simulation+efektif+dalam+meningkatkan+literasi+sains+peserta+didik%2C+terutama+dalam+indikator+menafsirkan+data+dan+bukti+ilmiah.%0D%0A%0D%0AKata+kunci+%3Aliterasi+sains%2C+PBL%2C+perubahan+iklim%2C+PhET+Simulation+%0D%0A&rft.publisher=Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan&rft.date=2025-06-05&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F88751%2F1%2F1.%2520ABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F88751%2F2%2F2.%2520FILE%2520SKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F88751%2F3%2F3.%2520FILE%2520SKRIPSI%2520FULL%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++Yani+Puspita+%2C+Sari++(2025)+EFEKTIVITAS+MODEL+PROBLEM+BASED+LEARNING+(PBL)+BERBANTU+PHET+SIMULATION+TERHADAP+LITERASI+SAINS+PESERTA+DIDIK+PADA+MATERI+PERUBAHAN+IKLIM.++Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F88751%2F